Kamis, Desember 15, 2011

Sumber Daya Alam (Tanah)

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.
Tanah termasuk salah satu sumber daya alam nonhayati yang penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan secara langsung. Tanah tersusun atas beberapa komponen, seperti udara, air, mineral, dan senyawa organik. Tanah terbentuk dari bahan induk yang telah mengalami modifikasi/pelapukan akibat dinamika faktor iklim, organisme (termasuk manusia), dan relief permukaan bumi (topografi) seiring dengan berjalannya waktu. Potensi tanah adalah menyediakan unsur hara dalam jumlah yang cukup, dalam bentuk tersedia serta seimbang untuk menjamin pertumbuhan tanaman yang maksimum.
Tanah menyediakan unsur-unsur hara sebagai makanan tambahan untuk pertumbuhannya. Unsur hara di dalam tanah berasal dari mineral dan bahan organik yang ada di dalam tanah. Unsur hara ini kemudian diserap oleh akar tanaman dan melalui daun dirubah menjadi karbohidrat, protein, lemak, dan zat-zat lain yang dapat dimanfaatkan oleh hewan dan manusia. Unsur hara di dalam tanah tidak semuanya dalam bentuk tersedia yang dapat langsung diserap olah tanaman. Untuk menyediakan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan tanaman para petani biasanya menambahkan pupuk kimia dan bahan organik kedalam tanah. Proses penyerapan unsur hara mineral dapat terjadi melalui penyerapan aktif dan penyerapan pasif. Penyerapan pasif apabila penyerapan tanpa menggunakan energi hasil metabolisme, contoh : difusi bebas, pertukaran ion, arus massa dan keseimbangan donnan. Sementara penyerapan aktif apabila penyerapan menggunakan energi metabolisme yang berupa ATP, contoh : teori carrier dan pompa ion ( respirasi anion). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyerapan hara mineral adalah : suhu, PH, cahaya, pengudaraan tanah, interaksi antar ion dan pertumbuhan. Bahan organik tanah (BOT) adalah seluruh fraksi organik dalam tanah yang meliputi sisa-sisa tanaman dan hewan pada berbagai tingkat dekomposisi, sel-sel dan jaringan (biomassa) biota tanah beserta metabolitnya. Bahan organik tanah merupakan komponen utama untuk memelihara dan meningkatkan keberlanjutan produktifitas tanah karena berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap sifat fisik, kimia serta biologi tanah. Bahan organik tanah juga digunakan sebagai indikator kualitas dan kesehatan tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman